Dilemmas stories yaitu pembelajaran dengan menggunakan cerita-cerita yang memiliki dilemma, cerita ini terkait dengan kehidupan sehari-hari dan merupakan isu terkini yang seringkali menimbulkan dilemma. Dengan tujuan siswa tidak hanya mempunyai pemahaman yang mendalam tentang konsep, namun juga kemampuan dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam cerita yang disajikan melalui diskusi kelompok. Pada proses pembelajaran ini, siswa berperan sebagai pemeran utama dalam cerita, sehingga siswa akan merasakan seolah-olah cerita tersebut terjadi pada dirinya dan siswa akan merasakan tantangan dalam memutuskan dilema dalam cerita tersebut.
Pembelajaran dengan menggunakan dilemmas stories bertujuan agar siswa tidak hanya mempunyai pemahaman yang mendalam tentang konsep, namun juga kemampuan dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan dalam cerita yang disajikan melalui diskusi kelompok. Pada proses pembelajaran ini, siswa berperan sebagai pemeran utama dalam cerita, sehingga siswa akan merasakan seolah-olah cerita tersebut terjadi pada dirinya dan siswa akan merasakan tantangan dalam memutuskan dilema dalam cerita tersebut.
Kimia sebagai salah satu cabang ilmu sains memiliki kaitan dalam berbagai bidang ilmu dalam kehidupan, termasuk sosial dan budaya. Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali siswa dihadapkan pada permasalahan khususnya terkait dengan pembelajaran kimia yang mereka peroleh. Permasalahan dalam kehidupan sehari hari seringkali menimbulkan konflik yang mengharuskan mereka membuat keputusan. Dilemmas stories mendidik siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, menerima dan menegosiasikan ide, serta menyelesaikan permasalahan yang memiliki dilema yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, proses pembelajaran kimia, seharusnya tidak hanya terfokus pada pengetahuan, tapi pada bagaimana pengaplikasian ilmu dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber bahan ajar bagi pendidik ataupun sumber belajar bagi siswa. Weblog ini akan terus diupdated seiring perkembangan penelitian dilemmas stories. Dilemmas stories dalam pembelajaran kimia ini dikembangkan oleh Dosen Jurusan Kimia UNJ (Yuli Rahmawati, M.Sc.,Ph.D, Prof. Dr. Nurbaity, M.Si., Dra. Sondang Sihombing, Dra. Marheni, M.Sc., Dra. Tritiyatma H., M.Si.), serta mahasiswa UNJ yang tergabung dalam tim penelitian. Tim Dilemmas Stories mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan konstribusi pengembangan pembelajaran kimia menggunaakan dilemmas stories. Ucapan terima kasih khususnya kepada Prof. Peter C. Taylor dan Dr. Elizabeth Taylor sebagai pengembang pertama kali pembelajaran dilemmas stories . Selanjutnya dilemmas stroris diharapkan dapat memberikan kontribusi secara umum terhadap pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan sains dan kimia, model pembelajaran berbasis karakter dan budaya, serta pengembangan soft skills siswa.